Dapat Bantuan P3TGAI, Kelompok Hippa Desa Truneng Bangun Irigasi

Foto proyek P3TGAI Desa Truneng Magetan 

Magetan Berita-1.com;Sebagai upaya  mendukung program ketahanan pangan nasional, melalui P3TGAI (Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi), BBWS Bengawan Solo kembali kucurkan dana sebesar 195 juta di tahap dua tahun 2024 ini.

Termasuk Desa Truneng Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan salah satu yang mendapatkan kucuran program tersebut. Hal ini diperuntukkannya karena sangat penting guna peningkatan perekonomian melalui produksi pangan para petani di wilayah desanya.

Berlokasi di area persawahan Blok Sebedhok pembangunan tersebut dilaksanakan dengan harapan nantinya bisa memberikan kontribusi pengairan di persawahan masyarakat petani yang ada didesanya. Sebagaimana yang diutarakan Sukirman, Kepala Desa Truneng pada Senin (7/10/2024) dikantornya.

Selain itu ia juga mengatakan mengenai pelaksanaan pembangunannya dikerjakan oleh Kelompok Hippa Tirta Wiguna beserta anggota dari desa setempat. Yang diharapkan hasil dari pembangunannya, nanti bisa menunjang peningkatan produktivitas pertanian, dalam hal menjaga ketersediaan air di areal persawahan.

"Mengenai hasil pembangunan saluran irigasi nantinya diharapkan ke depan bisa memberi pemanfaatan lahan pertanian terutama dalam pengelolaan lahan pengairan, "ucap Sukirman.

Sukirman Kepala Desa Truneng Magetan 

Sementara itu dilokasi pembangunan Hariyadi, Ketua Hippa Tirta Wiguna saat ditemui menjelaskan mengenai pembangunan saluran irigasi yang saat ini dikerjakannya, sepanjang 320 meter. Adapun lebar saluran lantai bawah 40 cm, dan lebar atas 50 cm, serta ketinggian saluran 50 cm, dan kedalaman pondasinya 70 cm.

"Pembangunan saluran irigasi nantinya, pengerjaan diplester semua, dan tahap akhir di aci atau semen, "tandasnya.

Masih kata Ketua Tirta Wiguna, "Saat ini pembangunan masih progress dan sudah mencapai 25%. Kita berharap semua, semoga pengerjaan pembangunan berjalan lancar, tak ada kendala, dan cepat terselesaikan supaya masyarakat petani yang ada di desa kami bisa bersama-sama cepat merasakan manfaat dari pembangunan ini".

Selain itu pihaknya juga sampaikan terimakasih kepada pihak-pihak terkait atas bantuan program tersebut. (w.i)

Previous Post Next Post

View: