Penyerahan LHP Post Audit Pengelolaan Keuangan Desa SISWASKEUDES Tahun Anggaran 2023 Dan Entry Meeting Audit Pengelolaan Keuangan Desa SISWASKEUDES Tahun Anggaran 2024

Joko Lelono Inspektur Kabupaten Madiun memberikan sambutan pada acara penyerahan LHP Post Audit SISWASKEUDES 

Madiun Berita-1.com; Inspektorat Kabupaten Madiun menggelar kegiatan Penyerahan LHP Post  Audit Pengelolaan Keuangan Desa SISWASKEUDES Tahun Anggaran 2023 Dan Entry Meeting Audit Pengelolaan Keuangan Desa SISWASKEUDES Tahun Anggaran 2024.

Acara di gelar di Pendopo Ronggo Djumeno Caruban Madiun,Kamis 12/9/2024.Tampak hadir dalam acara tersebut; Ayu Yuliadi sebagai narasumber dari Badan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur.

Inspektur Kabupaten Madiun.

Para  asisten dan staf ahli Bupati.

Camat se-kabupaten Madiun.

Kepala Desa se-kabupaten Madiun.

Serta para tamu undangan lainnya.

Dalam penyampaiannya Inspektur Kabupaten Madiun (Joko Lelono)mengatakan jika kegiatan tersebut merupakan wujud dari perhatian pemerintah dalam melakukan pengawasan pengelolaan anggaran khususnya di tingkat desa. “Kegiatan tata kelola keuangan desa menjadi perhatian dari APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah ) untuk dievaluasi, di review, kemudian juga dilihat sejauh mana pertanggungjawaban nya, jelasnya”

Inspektur juga mengatakan bahwa manajemen pengelolaan keuangan desa semakin tahun semakin bagus. Namun begitu, beberapa catatan harus diupayakan untuk lebih baik tahun depan seperti penggunaan uang tunai bisa berubah ke non tunai, hal tersebut disebut bisa meminimalisir potensi korupsi desa.Inspektur mengatakan bahwa indeks pengelolaan keuangan desa meningkat menjadi 80.09 persen.

Joko Lelono menyerahkan LHP Post Audit Pengelolaan Keuangan Desa SISWASKEUDES kepada kepala desa 

Sementara itu Pj.Bupati Madiun mengatakan bahwa Pemkab Madiun terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui berbagai upaya antara lain; pemenuhan kebutuhan dasar pembangunan sarana dan prasarana, pembangunan potensi ekonomi dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Penyaluran Dana Desa (DD), alokasi DD dan bantuan keuangan Kabupaten Madiun kepada masing-masing pemerintah desa diharapkan dapat mempercepat pembangunan desa menuju desa maju dan mandiri.

Pemkab Madiun juga menorehkan prestasi sebagai kabupaten dengan penyaluran dana desa tercepat sejak tahun 2019 di tingkat Provinsi Jawa Timur dan Nasional.

"Ini menandakan keseriusan dan komitmen Pemkab Madiun dalam mempercepat pembangunan desa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,"ucapnya.

Ia menambahkan Pemkab Madiun terus mengawal akuntabilitas pengelolaan keuangan desa melalui mekanisme rentang kendali manajemen yang terstruktur dan berbasis transformasi, teknologi informasi diawali dengan Desk perencanaan dan penganggaran.Implementasi aplikasi CMS-SISKEUDES (sistem keuangan desa)non tunai dalam pengelolaan keuangan desa dan aplikasi SISWASKEUDES (sistem pengawasan keuangan desa) dalam pengawasan keuangan desa.

"Ini momentum yang tepat untuk kita berbenah secara komprehensif.Kita harus merumuskan langkah-langkah yang kongkrit dan konsisten dari waktu ke waktu untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik, cepat, produktif melayani dengan efisien serta bebas dari korupsi,"Imbuh nya.

Pemkab Madiun menyambut baik serta memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bersinergi secara berkelanjutan dalam mendukung penguatan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa dilingkungan Pemkab Madiun serta terus berupaya menciptakan pemerintahan yang bersih, berwibawa, bebas dari praktek korupsi,kolusi dan nepotisme.

Para kepala desa yang menerima LHP tersebut segera menindaklanjuti seluruh temuan hasil audit maksimal 60 hari sejak LHP di terbitkan, serta untuk memedomani LHP sebagai rujukan dalam upaya perbaikan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa memba kebermanfaatan bagi kita semua,"pungkasnya.(red)

Previous Post Next Post

View: