Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk Dengan Lakon Wahyu Katentreman Dalam Rangka Acara Bersih Desa Gendol Kecamatan Sine

Sambutan Kepala Desa Gendol Kec.Sine Kab.Ngawi

NGAWI,BERITA-1.COM;Bersih Desa merupakan tradisi slametan yang identik dilakukan setiap tahunnya. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah sebagai penanda awal yang baik untuk 1 tahun kedepan. Selain itu, bersih desa ini menjadi kegiatan perkumpulan masyarakat sehingga terjalin kerukunan antar masyarakat.

Desa Gendol Kec Sine Kabupaten Ngawi merupakan desa yang cukup maju berkembang perekonomianya, bagi masyarakat Desa Gendol kususnya, acara adat istiadat budaya Jawa ini adalah suatu bentuk perwujutan rasa syukur kepada tuhan yang maha kuasa atas limpahan rizqi,acara bersih desa ini digelar pada Jumat tanggal 06 September 2024. Sebelum acara pagelaran wayang kulit dimulai, Tokoh agama Desa Gendol mengajak masyarakat untuk berdo’a bersama-sama terlebih dahulu agar masyarakat desa tersebut terhindar dari balak, musibah/bencana.

Acara tersebut dihadiri oleh Kades Gendol  Suraji,beserta staf anggotanya.turut diundang untuk ikut andil memeriahkan acara tersebut forkopimcam,kepala desa sekecamatan sine  hadir dalam acara bersih desa tersebut. Masyarakat sangat antusias,ribuan masyarakat berduyun-duyun menuju lapangan kantor Desa Gendol untuk melihatnya serta merasakan kemeriahan acara ini.

 
Kepala Desa Gendol Menyerahkan tokoh wayang kepada Ki Dalang Sukresno Agung Nugroho 

Pada acara puncak yang ditandai dengan pagelaran wayang kulit dengan Lakon Wahyu Katentreman oleh Ki Dalang Sukresno agung Nugroho. Acara dimulai sekitar pukul 21.00 Wib, Antusias masyarakat terhadap kegiatan acara ini terlihat jelas, dimana masyarakat berkumpul memenuhi lapangan guna menyaksikan cerita wayang yang dibawakan olah Ki Dalang Sukresno Agung Nugroho.

Pagelaran Wayang ini merupakan bentuk tradisi turun temurun yang diadakan oleh Desa Gendol dengan menggunakan DD. Melalui kegiatan bersih desa, harapanya kepala Desa Gendol Suraji di tahun ini dan tahun-mendatang agar semua warganya guyub rukun adil makmur gemah Ripah lohjinawi dijauhkan dari Sagala bentuk musibah dan marabahaya. Tak lupa ucapan rasa syukur Alhamdulillah oleh Kades Gendol bahwa acara ini mulai awal hingga akhir berlangsung dengan kondusif lancar aman dan terkendali. Semoga kita semua di limpahi berkah dan di berikan kesehatan dan perlindungan dalam segala hal amiin3x yra Pungkas Kades Gendol.



(ROVIEK)

Previous Post Next Post

View: