Dua Cabup Dan Cawabup Kabupaten Madiun Hadiri Deklarasi Kampanye Damai

Acara deklarasi kampanye damai pemilihan Cabup dan Cawabup Kabupaten Madiun tahun 2024

Madiun Berita-1.com; Komisi Pemilihan Umum (KPU)Kabupaten Madiun menggelar acara deklarasi damai pemilihan cabup dan cawabup tahun 2024.Acara digelar di halaman kantor KPU Kabupaten Madiun pada Selasa 24/9/2024.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh dua calon Bupati dan Wakil Bupati Madiun serta partai pengusung dan dari KPU serta Bawaslu Kabupaten Madiun. 

Acara yang di awali dengan sambutan dari masing - masing calon dan dilanjutkan pembacaan ikrar bersama deklarasi kampanye damai Pilkada 2024.

Ikrar yang di ucapkan kedua pasangan calon tersebut menjadi bukti nyata bahwa kedua paslon berkomitmen untuk Pilkada Kabupaten Madiun aman dan damai dan santun.

Dalam kesempatan tersebut juga dua Paslon dan partai pengusung menandatangani Pakta Integritas Deklarasi kampanye damai Pilkada Kabupaten Madiun 2024. 

Sementara itu ketua KPU Kabupaten Madiun Ali Nur Wahyudi menyampaikan bahwa,dalam rangka menyambut masa kampanye tersebut, perlu kita lakukan deklarasi bersih dan  damai serta tahapan selanjutnya, yaitu kampanye  dimulai tanggal 25 September hingga 23 November 2024, atau kurang lebih selama 60 hari.

Ia menjelaskan, bahwa deklarasi merupakan pernyataan, perjanjian kesanggupan untuk mewujudkan Pilkada secara langsung, umum, bebas, rahasia (luber) dan jujur, adil (jurdil), melaksanakan kampanye secara santun,damai, aman, tertib, berintegritas, tanpa hoak, tanpa politik uang serta berdasarkan perundang-undangan yang berlaku.

“Kita yakini semua Pasangan Calon (paslon) bupati dan wakil bupati Kabupaten Madiun, serta tim kampanye akan melaksanakan Pilkada Kabupaten Madiun ini secara damai sebagaimana yang akan di ikrarnya oleh 2 paslon,"jelasnya.

Ia menambahkan,sebagai warga negara yang cinta damai, kita memiliki tanggung jawab bersama untuk menjaga kedamaian menjelang, selama, dan setelah pilkada.

"Hindari penyebaran berita bohong atau menyesatkan yang dapat memicu konflik,saling berdialog dengan baik, bersikap santun, dan yang terpenting, membangun budaya politik yang sehat adalah kunci keberhasilan pilkada,”pungkasnya.

Previous Post Next Post

View: