Warga Dusun Pondok Rt 05 Desa Gendol Kecamatan Sine Gelar Tasyakuran HUT RI -79

Warga dusun pondok RT 05 Desa Gendol Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi menggelar malam tirakatan 

Ngawi BERITA-1.COM;Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-79, warga dusun pondok Rt 05 Desa Gendol Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi, menggelar malam tirakatan/tasyakuran di jalan Utama dusun pondok.Jumat (16/8/2024).

Kegiatan malam tirakatan,/ tasyakuran tersebut, dilaksanakan di malam Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan.

Acara tasyakuran tersebut dilaksanakan usai shalat Isya’, para warga Rt. 05 Desa Gendol Kecamatan Sine tersebut bersama – sama hadir dan berkumpul memenuhi disepanjang jalan utama gang dusun.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Rt 05 dan seluruh tokoh masyarakat Rt 05.


Dalam kesempatan tersebut, warga Rt. 05 Desa Gendol tampak kompak dan guyub berbondong- bondong keluar dari rumahnya masing-masing dengan membawa hidangan masakan dan minuman.

“Ada yang membawa tumpeng, juga ada yang membawa tumpeng nasi putih lengkap dengan lauk pauknya. Dan berbagai macam hidangan masakan tradisional, serta membawa aneka ragam minuman, baik minuman kemasan atau air mineral maupun minuman buatan sendiri” ucap ketua Panitia HUT RI 79 Rt 05 Dusun Pondok.

Acara tasyakuran diawali dengan tawasul, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan di lanjutkan dengan membaca tahlil, dilanjutkan dengan penutup atau doa yang dipimpin oleh Tokoh Agama di Rt 05.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pemotongan tumpeng dari  ketua Rt 05 dengan disaksikan warga Rt 05.

“Sifat gotong – royong seperti ini, perlu terus dipelihara sesama warga di Rt 05. Kita harus kompak dan bersatu, tidak boleh ada yang kita beda-bedakan antara satu dengan yang lain”

Sifat saling bantu – membantu perlu kita tingkatkan terus demi menjaga persaudaraan kita dilingkungan Rt 05, umumnya Dukuh Pondok” jelas wahyu.

Tradisi Malam Tirakatan/tasyakuran tersebut, banyak ditemui diwilayah pedesaan/perkampungan maupun hampir di setiap Kecamatan, kita maupun kabupaten di Nusantara yang dilaksanakan pada bulan Agustus usai Magrib / Isya dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 tahun 2024. Tradisi malam Tirakatan tersebut merupakan penerapan nilai- nilai gotong royong dan Kerukunan warga.


( ROVIEK )

Previous Post Next Post

View: