Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Madiun Dengan Agenda Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke -79

Acara Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Madiun dengan agenda mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden RI Dalam Rangka Memperingati HUT RI ke-79 


Foto bersama ketua dan anggota DPRD Kabupaten Madiun,PJ.Bupati Madiun dan jajaran Forkopimda Kabupaten Madiun 

Madiun Berita-1.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Madiun menggelar Rapat Paripurna dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia tahun 2024 melalui siaran langsung di media televisi, Jumat (16/8/2024).

Rapat Paripurna digelar di ruang rapat utama DPRD Kabupaten Madiun.Dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Madiun Fery Sudarsono,juga dihadiri elemen ekskutif dalam hal ini Penjabat(Pj) Bupati Madiun Tontro Pahlawanto, Sekda Kabupaten Madiun, Kapolres Madiun, perwakilan dari Kodim 0803 Madiun,Anggota DPRD Kabupaten Madiun, Direktur BUMD, Direktur RSUD,Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, dan pimpinan OPD,Camat Se-Kabupaten Madiun serta para tamu undangan lainnya.

Kegiatan ini diawali dengan Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2024 dalam rangka peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI dipimpin oleh Ketua MPR RI Bambang Susetyo,Kemudian dilanjutkan dengan Sidang Bersama DPR-DPD RI yang dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani .

Presiden RI Ir.Joko Widodo (Jokowi) dalam Pidato Kenegaraannya menyampaikan, capaian kinerja selama 10 tahun,"Alhamdulillah selama 10 tahun ini kita telah mampu membangun sebuah pondasi dan peradaban baru dengan pembangunan  mulai dari membangun desa hingga membangun daerah terluar,sampai saat ini kita telah membangun 366.000 KM jalan desa 1,9 juta meter jembatan desa 2700 KM jalan tol baru 6000 km jalan nasional 50 pelabuhan dan bandara baru serta 43 Bendungan baru dan 1,1 juta hektar jaringan irigasi baru sehingga kita berhasil menurunkan biaya logistik dari sebelumnya 24% menjadi 14% di tahun 2023 , sehingga kita bisa meningkatkan daya tarik dari sebelumnya peringkat 44 menjadi peringkat 27 di tahun 2024,"ucap Presiden Jokowi.

Dengan demikian kita mampu memperkuat persatuan dan kesatuan, karena akses pembangunan yang lebih merata dan berkeadilan,Selain itu ketangguhan kita sebagai sebuah bangsa juga terbukti dari kemampuan kita dalam menghadapi pandemi Covid-19 dalam menghadapi perubahan iklim dan dalam menghadapi geopolitik dunia yang semakin memanas.

Selain itu, sejumlah isu dibahas mulai dari krisis global, kasus korupsi, pembangunan IKN, hingga sektor ekonomi. Presiden juga  berbicara mengenai krisis yang melanda dunia. Jokowi mengatakan saat ini dunia menghadapi krisis multidimensi.

Di penutup pidatonya,Presiden Jokowi meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia dan menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada seluruh rakyat Indonesia atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya dan H.Maruf Amin untuk memimpin negeri ini.

"Saya menyadari bahwa sebagai pribadi yang jauh dari kata sempurna, mohon maaf untuk setiap hati yang mungkin kecewa, untuk setiap harapan yang mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita yang mungkin belum bisa tercapai,ini adalah yang terbaik yang bisa kami upayakan bagi rakyat Indonesia,bagi bangsa dan negara Indonesia,saya tahu bahwa hasil yang kita capai belum sepenuhnya tuntas, namun saya yakin dan percaya dengan persatuan dan kesatuan, kerjasama dan keberlanjutan yang terjaga, Indonesia sebagai negara yang kuat dan berdaulat akan mampu mencapai cita-cita Indonesia di tahun 2024 ini ,"pungkas Jokowi.

Sementara itu ketua DPRD Kabupaten Madiun Fery Sudarsono menyampaikan bahwa momentum peringatan HUT RI ke 79 ini berbeda dari sebelumnya, karena peringatan HUT RI ke-79 kali ini di pusatkan di Kalimantan  sebagai Ibu Kota Nusantara(IKN) baru.

Dia berharap, momentum perayaan kemerdekaan ini tidak hanya dirayakan sebatas seremonial belaka, melainkan dapat semakin membangkitkan semangat nasionalisme dan semangat persatuan, terlebih lagi menjelang tahun politik pesta demokrasi pemilihan umum kepala daerah.

“Mari bersama-sama saling menguatkan diri,menjaga persatuan dan kesatuan demi membangun negeri yang kita cintai ini ke arah yang lebih baik dan maju khususnya Kabupaten Madiun,"ucapnya.(red)

Previous Post Next Post

View: