Puncak Acara Bersih Desa Ngrayudan, Pemerintah Desa Menggelar Wayang Kulit Dengan Lakon Wahyu Cokro Ningrat

Pagelaran Wayang Kulit Dalam Rangka Bersih Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi 

NGAWI,BERITA-1.COM;Bersih Desa Ngrayudan kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi ditandai dengan menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk, bertempat di Rumah Kepala Desa Ngrayudan,Minggu  ( 04/08/2024 )

Pagelaran wayang kulit dalam rangka bersih desa tersebut dengan dalang Ki Alex Sabdo Budi Utomo membawakan  lakon “Wahyu Cokro Ningrat”.

Hadir pada acara tersebut , Forkopimcam, Camat Jogorogo, Kapolsek/Danramil, Kepala Desa Ngrayudan Suwarno sarimbit beserta perangkat, Kepala Desa se Kecamatan Jogorogo, Ketua BPD, Ketua RT/RW, tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga desa Ngrayudan.

Suwarno Kepala Desa Ngrayudan 

Saat ditemui awak media  di lokasi, Suwarno selaku Kepala Desa Ngrayudan mengatakan, pagelaran wayang kulit ini merupakan puncak rangkaian dalam rangka bersih Desa Ngrayudan.

“Ini merupakan puncak acara dari serangkaian agenda bersih desa sebelumnya diadakan tumpengan ,pengajian dan tayupan” ucap Sumanto.

Lanjut menurut Suwarno, setiap kepala desa saat sudah menjabat, hukumnya wajib mengadakan acara Ringgit Purwo (wayang kulit ) pada saat kegiatan bersih desa. Hal ini dikatakan Suwarno pada Minggu ( 04/08/2024 ) malam.

“Kegiatan bersih desa merupakan kegiatan wajib yang diadakan setiap tahunnya oleh desa tersebut, dengan tujuan sebagai ungkapan rasa syukur warga masyarakat kepada Tuhan pencipta alam atas karunia yang di berikan dan sebagai tolak balak desa tersebut dari hal hal yang negatif di desa tersebut,” lanjutnya.

Lebih lanjut Kades menambahkan, kegiatan ini terselenggara berkat dukungan dari warga masyarakat Desa Ngrayudan. Alhamdulillah warga sangat antusias, terbukti dari membludaknya penonton mulai dari panggung pagelaran ini hingga sampai jalan.

“Harapan kami selaku kepala Desa Ngrayudan, semoga masyarakat desa Ngrayudan selalu ayem tentram Mulyo lan tinoto.” Pungkasnya.


( C.ROVIEK )

Previous Post Next Post

View: