Pemkab Madiun Gelar Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79,PJ Bupati Jadi Inspektur Upacara

Pengibaran Bendera Merah Putih pada Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 di Alun-Alun Reksogati Caruban Kabupaten Madiun 

Madiun Berita-1.com-Pemkab Madiun mengadakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 pada hari ini Sabtu 17 Agustus 2024.Upacara di pusatkan di Alun-Alun Reksogati Caruban Kabupaten Madiun.

Bisa dipastikan, setiap upacara memperingati hari paling bersejarah di Republik Indonesia ini, nampak ratusan warga sekitar turut menyaksikan dari pinggir alun-alun, namun demikian upacara memperingati hari kemerdekaan RI ini berlangsung tertib dan penuh khidmat.

Pembaca teks Proklamasi, Ketua DPRD Kab. Madiun, Fery Sudarsono, Komandan Upacara, Danramil Mejayan, Kapten Inf. Totok Hariyanto, sedangkan peserta upacara dari TNI/Polri, ASN, BPBD, mahasiswa, dan pelajar. Nampak hadir, Wakil Bupati Madiun ke-37 H. Iswanto, Bupati Madiun ke-38 H. Ahmad Dawami, Wakil Bupati Madiun ke-38 H. Hari Wuryanto dan forkopimda, Pj Sekda Kabupaten Madiun, Sodik Hery Purnomo, forkopimda, kepala OPD dan pimpinan BUMN/BUMD.

Upacara dilanjutkan dengan penaikan Bendera Merah Putih oleh Paskibraka. Nampak 76 Pasukan pengibar bendera yang merupakan siswa/wi SMA/SMK, MA terbaik di Kab. Madiun ini mulai bergerak menuju lapangan upacara. Dengan langkah tegap, mereka terlihat rapi dan kompak menjalankan tugasnya mengibarkan bendera Merah Putih. 

Pembawa Baki, Devina Octavia Pribadi pelajar SMAN 1 Jiwan, sedangkan Pengerek Bendera oleh Wizank Firman Wijaya pelajar SMAN 1 Nglames, Pembentang Bendera: Donny Gustavo dari SMKN 1 Mejayan, Komandan Paskibraka, Lettu Cpl. Suparlan dari Gupusmu II Puspalad, sedangkan Komandan Kelompok 8: Mohammad Rimba Wanjaya Putra pelajar SMAN 2 Mejayan.

Saat Bendera Merah Putih perlahan naik, seketika suasana menjadi hening sekali, hanya lantunan Lagu Indonesia Raya terdengar mengalun, dan hanya petugas pengibar bendera yang begitu cekatan melaksanakan tugasnya. Suasana menjadi lebih sakral ketika Sang Merah Putih itu perlahan naik ke ujung tiang bendera.

Tak satupun suara terdengar dari undangan maupun peserta upacara, mereka dengan sikap sempurna menghormat Bendera Merah Putih. Pada moment ini, nampak sekali suasana sakral menyelimuti Alun-Alun Reksogati, Caruban sebagai tempat upacara memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang mengambil tema ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju.



Seusai upacara dimeriahkan penampilan grup drumband dari SDN Bangunsari 2 yang merupakan juara pertama pada lomba drumband tingkat SD, juga penampilan karya seni Dongkrek Musikal dari Sanggar Karya Bersama 100 siswa yang terdiri dari siswa-siswi SD, SMP, SMA/SMK dan Mahasiswa terbaik se-Kabupaten Madiun, dengan penata Karya, Andika Agustino, S.Sn, serta aubade oleh pelajar dari tim Paduan suara Allegro Samasica SMA Negeri Mejayan.

Momentum Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 kali ini mengusung tema "Nusantara Baru,Indonesia Maju."(red/adv)



Previous Post Next Post

View: