Pagelaran Wayang Kulit Dengan Lakon Wahyu Kamulyan Dalam Rangka Acara Bersih Desa Gayam Kecamatan Kendal

Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka bersih Desa Gayam ,Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi 

NGAWI,BERITA-1.COM;Bersih Desa merupakan tradisi slametan yang identik dilakukan setiap tahunnya. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah sebagai penanda awal yang baik untuk 1 tahun kedepan. Selain itu, bersih desa ini menjadi kegiatan perkumpulan masyarakat sehingga terjalin kerukunan antar masyarakat.

Desa Gayam Kec, Kendal Kabupaten Ngawi merupakan desa yang cukup maju berkembang perekonomiannya, bagi masyarakat Desa Gayam khususnya, acara adat istiadat budaya Jawa ini adalah suatu bentuk perwujudan rasa syukur kepada tuhan yang maha kuasa atas limpahan rizqi,acara bersih desa ini digelar pada Kamis tanggal 01 Agustus 2024. Sebelum acara pagelaran wayang kulit dimulai, Tokoh masyarakat Desa Gayam mengajak masyarakat untuk berdo’a bersama-sama terlebih dahulu agar masyarakat desa tersebut terhindar dari balak, musibah/bencana.

Kades Gayam Siti Rahmah 

Acara tersebut dihadiri oleh Kades Gayam ( Siti Rahmah ) beserta staf anggotanya.turut diundang untuk ikut andil memeriahkan acara tersebut ketua DPRD hadir dalam acara bersih desa tersebut. Masyarakat sangat antusias,ribuan masyarakat berduyun-duyun menuju halaman kantor Desa Gayam untuk melihatnya serta merasakan kemeriahan acara ini.

Pada acara puncak yang ditandai dengan pagelaran wayang kulit dengan Lakon Wahyu Kamulyan oleh Ki Dalang Alex Sabdo Budi Utomo. Acara dimulai sekitar pukul 21.00 Wib, Antusias masyarakat terhadap kegiatan acara ini terlihat jelas, dimana masyarakat berkumpul memenuhi halaman guna menyaksikan cerita wayang yang dibawakan olah Ki Dalang Alex Sabdo Budi Utomo.

Pagelaran Wayang ini merupakan bentuk tradisi turun temurun yang diadakan oleh Desa Gayam dengan menggunakan DD. Melalui kegiatan bersih desa, harapanya kepala Desa Gayam Siti Rahmah di tahun ini dan tahun-mendatang agar semua warganya guyub rukun adil makmur gemah Ripah lohjinawi dijauhkan dari Sagala bentuk musibah dan marabahaya. Tak lupa ucapan rasa syukur Alhamdulillah oleh Kades Gayam bahwa acara ini mulai awal hingga akhir berlangsung dengan kondusif lancar aman dan terkendali. Semoga kita semua di limpahi berkah dan di berikan kesehatan dan perlindungan dalam segala hal amiin3x yra Pungkas Kades Gayam.


( ROVIEK )

Previous Post Next Post

View: