Tingkatkan Produksi Pertanian,Dinas PUPR Kabupaten Madiun Bangun Sumur Jaringan Irigasi Air Tanah Di Wilayah Dukuh Duragan Kelurahan Munggut

Foto Bangun Sumur Jaringan Irigasi Air Tanah Dukuh Duragan Kelurahan Munggut, Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun dan pegawai Kelurahan Munggut 

Foto papan proyek pembangunan sumur jaringan irigasi air tanah Kelurahan Munggut 

Madiun Berita-1.com-Ketersediaan air sangat berpengaruh besar untuk pertanian,karena dengan air yang cukup dapat meningkatkan hasil produksi pertanian,untuk itu Dinas PUPR Kabupaten Madiun melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) merealisasikan pembangunan Sumur Jaringan Irigasi Tanah.

Pembangunan sumur ini tepatnya Dukuh Duragan Kelurahan Munggut Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. 22/7/2024.

Adapun Sumber Dana proyek tersebut dari DBH tahun 2024,dengan nilai SPK Rp 199.290.000.

Nomor/tanggal kontrak : 600.1.9/2048/402.104/2024.

Konsultan Pelaksana:CV Budi Luhur.

Konsultan Pengawas:CV Deocon Engineering.

Di ruang kerjanya Maskur Yatim Kabid SDA DPUPR Kabupaten Madiun saat memberikan penjelasan pembangunan Sumur Jaringan Irigasi Air Kabid 

Ditemui di ruang kerjanya Maskur Yatim Kepala Bidang Sumber Daya Air Kabid (SDA) DPUPR Kabupaten Madiun menjelaskan,"Tahun ini kita bangun 12 sumur jaringan  irigasi yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Madiun, untuk  sumur di Kelurahan Munggut ada pengecualian karena kedalaman 70 meter lebih ,hal ini dikarenakan kondisi tanah yang berbukit-bukit,adapun speknya 7.5 liter/detik dan bisa untuk mengairi sawah sekitar 10 hektar,"jelasnya.

Ditambahkannya untuk kondisi kemarau seperti sekarang petani harus dapat mengatur pola tanam,agar penggunaan air tidak terlalu over.

"Petani harus bisa mengatur pola tanam,tidak harus menanam padi tapi bisa juga di selingi dengan menanam palawija", tambahnya.

"Sesuai dengan fungsinya,sumur jaringan irigasi air tanah untuk mencukupi kebutuhan air permukaan, dengan harapan program pembangunan sumur ini dapat diterima oleh masyarakat, dengan harapan meningkatkan produktivitas hasil pertanian,sehingga pertani sejahtera,"pungkasnya.

Sementara itu, salah satu anggota kelompok Tani Makmur Mbah Yati mengaku senang dengan adanya pembangun sumur jaringan irigasi air tanah,"Alhamdulillah sekarang sawah saya cukup air,saya tidak khawatir kekurangan air lagi kalau musim kemarau, tanaman padi saya juga tumbuh subur,"ucapnya.

Disaat yang sama pihak Kelurahan Munggut dalam hal ini di wakili oleh sekertaris Kelurahan Munggut Iriono menyampaikan rasa terimakasih atas pembangunan sumur jaringan air tanah diwilayahnya.

"Kami atas nama Pemerintah Kelurahan Munggut mengucapkan terima kepada Dinas PUPR Kabupaten Madiun Khususnya Bidang SDA,yang telah membangun sumur jaringan irigasi air tanah di Dukuh Duragan ini, semoga dengan adanya sumur ini petani mendapatkan hasil panen yang maksimal,"ujarnya.(Adv/red,tie).

Previous Post Next Post

View: