Tagana Masuk Sekolah (TMS) Edukasi Dini Untuk Tanggap Bencana.

Tagana Masuk Sekolah Di SMPN 2 Sawahan Kabupaten Madiun 

Dinsos Kabupaten Madiun Memberikan Materi penanganan bencana kepada siswa SMPN 2 Sawahan 

Tim Tagana Dinsos Kabupaten Madiun Foto bersama dengan siswa SMPN 2 Sawahan 

Madiun Berita-1.com-Tagana Masuk Sekolah (TMS) merupakan program sinergis antara Kementerian Sosial RI dan Kementerian Pendidikan, serta merupakan implementasi dari surat edaran bersama Menteri Pendidikan Nomor 1 Tahun 2019 tentang mitigasi kebencanaan di satuan pendidikan melalui program TMS. Hal itu di sampaikan oleh Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinsos Kabupaten Madiun, Dedy Anggoro saat menyambangi di SMPN 2 Sawahan pada Sabtu (27/07/2024) .

Dedy Anggoro juga mengatakan, bahwa program Tagana Masuk Sekolah (TMS) ini adalah agenda tahunan dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Madiun. Yang mana acara seperti ini bisa untuk mengedukasi pelajar dan guru bagaimana pentingnya tanggap bencana sejak dini. Dan hal ini juga bisa merupakan salah satu bentuk pengingat agar mereka peduli dengan lingkungan," jelasnya.

Dedy Anggoro berharap dengan adanya kegiatan TMS ini generasi muda yang masih baru di bangku pendidikan mulai SMP sudah faham tentang bagaimana tanggap bencana di sekitar. Sehingga muncul jiwa sosial dari mereka. Dan nantinya bisa menjadi penerus bagi para petugas Tagana. 

 "Sementara Kepala Sekolah SMPN 2 Sawahan Dra. Heny Wahjuni, M.Pd merasa sangat senang dan mendukung sekali dengan adanya ( TMS ) ini.  Kami ucapkan terima kasih kepada tim Tagana yang sudah memberikan pelajaran  jenis bencana, bagaimana cara menangani dan evakuasi korban, kepada Siswa/siswi Sekolah. Selain itu mereka bisa lebih sigap dan tanggap dalam kemungkinan menghadapi bencana di sekitar lingkungan Sekolah.

"Kami berharap kegiatan TMS ini tidak sampai disini, dan bisa berkelanjutan,  minimal kegiatan seperti ini bisa untuk bekal kepada anak-anak yang sekolah di SMPN 2 Sawahan ini suatu saat kalau sudah berbaur dengan masyarakat langsung bisa cepat, tanggap dan sigap, bagaimana cara menghadapi tatkala ada bencana di lingkungannya masing-masing.(Goes/Adv).

Previous Post Next Post

View: