Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Madiun Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Madiun Ke-456 Tahun 2024

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Madiun Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Madiun Ke 456 Tahun 2024

Sebagai bentuk rasa syukur dilakukan Pemotongan tumpeng Ketua DPRD Kabupaten Madiun Fery Sudarsono 

Madiun Berita-1.com-DPRD Kabupaten Madiun menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Madiun ke 456 tahun 2024.Rapat digelar di ruang rapat utama DPRD Kabupaten Madiun,Kamis 17 Juli 2023.

Rapat Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Madiun Fery Sudarsono.juga dihadiri elemen ekskutif dalam hal ini Penjabat Bupati Madiun Tontro Pahlawanto, Sekda Kabupaten Madiun, Kapolres Madiun, perwakilan dari Kodim 0803 Madiun, Direktur BUMD, Direktur RSUD,Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, dan pimpinan OPD,Camat Se Kabupaten Madiun serta para tamu undangan lainnya.

Dalam Rapat Paripurna tersebut Fery Sudarsono menyampaikan bahwa  tema Hari Jadi Kabupaten Madiun ke 456 tahun 2024 Terus Bergerak Untuk Kabupaten Madiun Maju."Tema tersebut sejalan dengan semangat untuk berkolaborasi,membawa keberagaman bersatu untuk bergerak secara aktif dan kreatif ,memberikan hal terbaik untuk menyongsong Kabupaten Madiun yang maju dan sejahtera."ucapnya.

Untuk mengingatkan kembali perjalanan sejarah dari masa ke masa.

Dalam perjalanan nya telah tercatat sejumlah peristiwa penting berdasarkan dokumen sejarah sejak berdirinya Kabupaten Madiun tanggal 18 Juli tahun 1568.

"Kabupaten Madiun ditinjau dari pemerintahan yang sah, berdiri pada tanggal paro terang, bulan Muharam, tahun 1568. Berawal pada masa Kesultanan Demak, yang ditandai dengan perkawinan putra mahkota Demak Pangeran Surya Patiunus dengan Raden Ayu Retno Lembah putri dari Pangeran Adipati Gugur yang berkuasa di Ngurawan, Dolopo.Pusat pemerintahan dipindahkan dari Ngurawan ke desa Sogaten dengan nama baru Purabaya (sekarang Madiun). Pangeran Surya Patiunus menduduki kesultanan hingga tahun 1521 dan diteruskan oleh Kyai Rekso Gati. (Sogaten = tempat Rekso Gati) Pangeran Timoer dilantik menjadi Bupati di Purabaya tanggal 18 Juli 1568 berpusat di desa Sogaten."

"Kita sebagai generasi penerus mempunyai kewajiban untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu kita, perjalanan sejarah berdirinya Kabupaten Madiun penuh dengan makna sejarah untuk kita petik sebagai pelajaran yang berharga,"pungkasnya.

Sementara itu dalam penyampaiannya Pj.Bupati Madiun mengatakan bahwa tanggal 18 Juli tahun 2024 ini merupakan Hari Jadi Kabupaten Madiun ke 456.Hikmah terpenting dalam peringatan hari jadi ini sebagai ucapan rasa syukur atas perjalanan sejarah Kabupaten Madiun yang penuh dinamika hingga bisa mencapai kemajuan seperti yang kita rasakan sekarang ini.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Madiun kali ini mengambil tema"Terus Bergerak untuk Kabupaten Madiun Maju",tema ini mengandung makna semangat keberanian dan mengedepankan harmonisasi dan integrasi  terus bergerak untuk mencapai kemajuan pembangunan seluruh sektor.

Selanjutnya Pj.Bupati Madiun menyampaikan beberapa capaian visi,misi dan tujuan program kinerja,serta prestasi yang telah dicapai  Pemerintah Kabupaten Madiun.(Red/ti)

Previous Post Next Post

View: