Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk Desa Sidorejo Kecamatan Kendal Dalam Rangka Bersih Desa

Pagelaran wayang kulit pemdes Sidoarjo, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi 

NGAWI BERITA-1.COM;Dalam rangka Bersih Desa tahun 2024, Pemdes Sidorejo, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, merayakan acara puncak dengan menyelenggarakan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk.

Pagelaran Wayang Kulit berlangsung di halaman kantor Desa Sidorejo pada hari selasa,30 Juli 2024, malam. Selain sebagai wujud syukur dan doa, kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya dan memberikan hiburan kepada masyarakat.

Turut hadir menyaksikan kegiatan tersebut, Kepala Desa Sidorejo beserta seluruh perangkat, LPM, BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Muspika Kecamatan Kendal, puluhan Kades serta tamu undangan lainnya.

Ketua panitia pelaksana kegiatan,dalam sambutannya menyampaikan bahwa serangkaian kegiatan Bersih Desa mencapai puncaknya dengan Pagelaran Wayang Kulit berjudul /Lakon “ Sang Kresna.” yang dimainkan oleh Dalang Kondang “Ki Dalang Poer”.

Ketua panitia  juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini, serta meminta maaf jika ada kekurangan. “Semoga acara ini menjadi momen berharga dan manfaat bagi masyarakat Desa Sidorejo” harapnya.

Kades Sidorejo Danang Pamungkas Kresno Atmojo dengan penuh semangat menyampaikan acara dalam rangka Bersih Desa atau Sedekah Bumi, serta untuk menyambut bulan Suro atau tahun baru Islam, Bulan Muharam.

“Tradisi ini bertujuan untuk membersihkan hati dan diri dari segala penyakit dan gangguan, sehingga Desa Sidorejo menjadi tempat yang adem, ayem, dan tentram,” ujarnya

Selain itu, acara ini juga merupakan ungkapan syukur atas berkah dan rahmat dari Allah SWT yang diberikan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Sidorejo dan seluruh masyarakatnya.

Dijelaskan, Kegiatan ini didasarkan pada hasil musyawarah Pemdes bersama lembaga desa dan tokoh masyarakat, anggaran yang digunakan dari Pendapatan Asli Desa (PAD) dan Dana Desa (DD) tahun 2024.

Menurutnya, Pagelaran Wayang Kulit menjadi bagian penting dari acara ini. Kades Sidorejo  menuturkan bahwa Wayang Kulit adalah tontonan rakyat yang mengandung nilai-nilai luhur dan memberikan tuntunan kebaikan. Dalam lakon “Sang Kreno”.

“Lakon ini sangat relevan dengan kondisi masyarakat saat ini, dan diharapkan dapat memberikan edukasi serta ketentraman pada Pemdes bersama warga Desa Sidorejo,” pungkasnya.

Usai acara sambutan, Pagelaran Wayang Kulit dimulai dengan ditandai penyerahan gunungan wayang oleh Kepala Desa Sidorejo  kepada Dalang, Ki Dalang Poer.

Terpantau, Kegiatan berlangsung dengan lancar dan sukses. Terbukti, ribuan warga baik dari Desa Sidorejo maupun sekitarnya yang sangat antusias menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit tersebut.


( C.ROVIEK.S )

Previous Post Next Post

View: