Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Madiun Yang Ke 456 Dan Hari Kesatuan Gerak PKK,RSUD Caruban Melaksanakan Khitanan Massal

Foto Sambutan Direktur RSUD Caruban drg Farid Amirudin dalam acara Khitanan an Massal 

PJ.Bupati Madiun di dampingi Direktur RSUD Caruban melihat langsung proses khitanan massal di Ruang Anggr RSUD Caruban 

Pj.Bupati Madiun dan Direktur RSUD Caruban Menyerahkan secara simbolis bantuan alat sholat

Foto penyerahan potongan tumpeng kepada perwakilan peserta khitan 

Madiun Berita-1.com-Dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadi Kabupaten Madiun yang ke 456 yang jatuh pada tanggal 17 Juli 2024 mendatang dan Hari Kesatuan Gerak PKK,RSUD Caruban mengadakan  Khitanan Massal gratis.

Hadir dalam acara tersebut Pj.Bupati Madiun Ir.Tontro Pahlawanto,Kepala OPD,Camat, perwakilan dari Kodim 0803 Madiun, perwakilan dari Polres serta para tamu undangan lainnya.Acara Khitanan masal berlangsung di ruang Anggrek RSUD Caruban,Rabu 3 Juli 2024.

Dalam sambutannya PJ. Bupati Madiun Ir.Tontro Pahlawanto mejelaskan, khitan adalah salah satu bagian dari syariat agama yang wajib hukumnya bagi anak laki-laki.Dari pandangan agama, fungsi dari khitan adalah mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah.Sedangkan secara medis, khitan mempunyai faedah yang sangat penting, yakni untuk membuang bagian anggota tubuh yang menjadi tempat kotoran, virus, bakteri, dan lainnya yang dapat membahayakan kesehatan.

“Saya mengapresiasi RSUD Caruban atas terselenggaranya khitan massal ini dan semoga kegiatan ini dapat terus dijadikan agenda rutin tahunan,” ujar Tontro.

Tontro menambahkan, dengan khitan massal masyarakat mendapatkan manfaat ganda, yakni bermanfaat untuk mendidik anak-anak agar berperilaku hidup bersih dan sehat, serta merupakan bagian dari syariat Islam.

Pada kesempatan ini,Pj.Bupati Madiun didampingi Direktur RSUD Caruban drg.Farid Amirudin  melakukan pemotongan tumpeng yg selanjutnya diserahkan secara simbolis kepada salah satu anak peserta khitan,serta memberikan bingkisan berupa alat sholat,alat sekolah dan uang saku kepada peserta khitan.

Sementara itu drg.Farid Amirudin (Direktur RSUD Caruban) menyampaikan,"Agar tidak  menggangu proses belajar anak-anak,maka khitanan massal di adakan pada saat libur sekolah,"ucapnya.

Lanjutnya,Khitanan massal  ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghidupkan kembali kepedulian sosial dan nilai -nilai budaya dalam masyarakat. Sebagai media  persatuan dan toleransi terhadap sesama dan sebagai  bentuk kepedulian RSUD Caruban terhadap kesehatan anak-anak dan memberikan kemudahan dan pelayanan sunatan massal gratis bagi anak-anak dari keluarga yang kurang mampu.

Antusias warga untuk mengikuti Khitanan massal ini sangat luar biasa,terbukti jumlah pesertanya melebihi dari target yang sudah ditentukan.

"Target peserta direncanakan sebanyak 115 anak, tetapi hingga hari pelaksanaan masyarakat yang mengikuti sunatan massal mencapai 155 anak,"ungkapnya.

"Ada 30 petugas khitan, di mana satu tim terdiri dari satu dokter dan satu paramedis yang berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun dan dari RSUD Caruban," jelasnya.

"Semua anak-anak peserta khitan hebat dan pemberani,menunjukkan bahwa mereka sudah mengerti makna dari khitanan. Kita doakan kepada seluruh anak-anak yang hari ini di khitan, semoga menjadi anak yang sholeh," harapnya.(ADV tie)

Previous Post Next Post

View: